Ini Dia Jenis Ban MotoGp dan Fakta Hebat Tentangnya

Saat melihat ban moto gp, pasti kalian tercengang dan mulai bertanya apakah ban tersebut juga ada jenisnya? Ban adalah salah satu tahap vital dari motor. Ban bermanfaat penahan beban baik saat percepatan maupun pengereman, meredam getaran, halus saat mengelinding, daya cengkram yang baik serta pasti saja ketahanannya.Ban motogp dari dua macam ada wet tyres untuk lintasan basah serta slick tyres untuk lintasan kering. Untuk sekali balapan ban ini sanggup bersi kukuh untuk jarak 120 km.Untuk lintasan kering ban motogp mempunyai ulirnya halus, permukaan kontaknya ke aspal maksimal jadi membberbagi daya cengkram yang maksimal.Ulir pada ban bermanfaat untuk meningkatkan daya cengkram (menyerap energi saat karet terdeformasi). Untuk membikin Ban dipakai beberapa bahan semacam pigmen, zat-zat kimia, tak lebih-lebih 30 tipe karet yang tak sama, benang-benang, kawat serta sebagainya. Proses lalu dimulai dengan mencampurkan bahan-bahan dasar karet dengan oli proses, warna hitam karbon, pigmen, anti-oksidan, akselerator serta beberapa zat tambahan lainnya. Masing-masing dari bahan ini meningkatkankan sifat tertentu pada campuran ini.dahulu di masa lampau khususnya diera 990cc tersedia beberapa pemasok ban di ajang MotoGP semacam Bridgestone , Michelin , serta Dunlop. tetapi pemasok ban Dunlop hanya tersedia di kelas 125 cc serta 250 cc sedangkan Bridgestone serta Michelin di kelas 990cc tetapi kini , dengan adanya regulasi pemasok ban tunggal hanya ada 1 pemasok ban yang terpilih yaitu Bridgestone.

ban motogp
daftar jenis ban moto gp

Dimasa lampau para pembalap juga bisa berdiskusi mengenai ban yang mereka perlukan serta dibutuhkan oleh motornya , jadi masing masing para pemasok ban dahulunya sangat berkonsentrasi terhadap para pembalap serta motornya untuk mencapai hasil yang keren.contohnya yaitu keberhasilan casey stoner mengangkat Ducati juara dunia pada tahun 2007,di masa itu casey stoner hingga hingga dicibir oleh publik sebab ia meraih juara dunia tersebut dengan mempunyai kelebihan yaitu , motor yang mempunyai power besar serta pemasok ban Bridgestone yang mempunyai ban yang keren saat itu.tetapi sekarang, dengan adanya regulasi yang berbicara bahwa pengembangan ban diratakan kesemua pembalap membikin para pembalap yang mempunyai keperluan lebih alias khusus untuk dirinya serta motornya jadi tak lebih kompetitif pasalnya ban yang disediakan tak sesuai dengan keinginan mereka.contohnya persoalan chatter yang dialami Honda tahun 2011 tak terjadi terlalu besar diducati serta yamaha,sehingga para pembalap honda khususnya pembalap pabrikan tak sedikit mengeluh soal ban yang mereka gunakan saat itu , contoh lainnya yaitu cepat ausnya ban dari pembalap pembalap tertentu sebab dipengaruhi oleh beberapa hal semacam riding style, mesin meliputi power serta percepatan yang membikin ban cepat aus, semua itu membikin kemampuan mereka tak lebih maksimal jadi pada musim 2012 era 1000cc ini para pembalap juga dipaksa berpikir untuk mempertahankan ketahanan ban mereka disepanjang race.

daftar jenis ban moto gp lengkap

Berikut ini adalah beberapa fakta hebat di MotoGP yang berhubungan dengan ban:

  • 800 : jumlah ban MotoGP yang dipakai tiap pembalap untuk satu musim.
  • 20 : jumlah ban belakang yang dipakai tiap pembalap untuk setiap seri balapan.
  • 8 : jumlah ban depan yang dipakai tiap pembalap untuk setiap seri balapan.
  • 1000 : jumlah ban yang dibawa oleh produsen ban untuk tiap balapan seri Eropa.
  • 5kg : berat dari ban depan.
  • 7kg : berat dari ban belakang.
  • 60° : derajat aspek kemiringan yang mungkin terjadi pada lintasan kering.
  • 45° : derajat aspek kemiringan yang mungkin terjadi pada lintasan basah.
  • 100cm² : total luas area kontak dengan lintasan untuk ban depan serta belakang; sama dengan luas permukaan dua buah kartu kredit.
  • 5km : rata-rata daya tahan jarak tempuh untuk ban kualifikasi.
  • 100km : rata-rata daya tahan jarak tempuh untuk ban balapan.
  • 150 : jumlah komponen yang dipakai untuk membikin satu ban.
  • 350km/h : kecepatan maksimal yang bisa diraih motor MotoGP.
Previous
Next Post »
0 Komentar